banner

20.00
0
Fleksibel dan efisien dalam penggunaan. Itulah pokok utama dalam prinsip yang ke 7 yang akan kita bahas kali ini. Dalam Heuristic Evaluation membuat sistem yang fleksibel namun efisien tentu merupakan sebuah tuntutan yang wajib terpenuhi.

Ringkasan Masalah:
Kembali ke sistem Grosir Flashdisk Unik yang kita bahas. Dan tersangkut dengan prinsip fleksibel dan efisien kali ini. Masalah yang menurut amat saya perlu dibenahi adalah sesuatu yang dapat mengakomodir kebutuhan semua jenis pengguna. Yang disini kita range dari pengguna amatir hingga ahli.
Dari sisi sistem belanja Grosir Flashdisk Unik ini hal yang harus diperhatikan adalah saat melakukan belanja dan klik "Beli Sekarang". Ini tidak mengakomodir pengguna yang ingin melakukan pembelian lebih dari 1 barang. Seperti yang telah kita bahas pada prinsip User Control and Freedom yang dapat anda baca di sini.

Lihat gambar di atas. Ketika kita klik beli sekarang kita tidak diberi opsi tambahan misalnya jumlah barang yang akan kita beli. Namun kita akan dihadapkan pilihan untuk memilih lanjutkan belanja atau lanjutkan ke pembayaran seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Disini letak kita sebagai pengguna yang amatir ada kemungkinan tidak tahu bagaimana jika ingin membeli lebih dari 1 barang yang sama. Lebih parahnya lagi hal ini juga diperparah dengan kesalahan yang terjadi pada prinsip Error Prevention pada halaman "Lanjut ke Pembayaran". Jika anda belum membaca Heuristic Evaluation bagian Error Prevention silahkan klik di sini.
Jadi menurut amat saya, sistem pada proses belanja Grosir Flashdisk Unik ini kurang merepresentasikan kata "Fleksibel" dan "Efisien" bagi user yang dengan koneksi buruk maupun user dengan pengetahuan teknologi yang minim.

Rekomendasi Perbaikan:
Menambahkan opsi-opsi kecil yang dibutuhkan bagi pengguna amatir salah satunya adalah menambahkan field select box jumlah barang yang ingin dibeli saat belanja. Saya rasa ini dapat membuat sistem lebih "Fleksibel" dan "Efisien".
Serta melakukan error handling yang lebih bersahabat dan mudah dimengerti bagi pengguna yang memiliki sedikit pengetahuan tentang teknologi.

Severity Rating:
Untuk masalah ini saya memberikan Severity Rating 3 guna membuat sistem yang lebih fleksibel dan efisien bagi semua pengguna.

0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released


0 komentar:

Posting Komentar