banner

13.00
0
Prinsip ke 9 tentang Heuristic Evaluation kali ini adalah Help users recognize, diagnose, and recover from errors yakni pengguna tidak perlu mempertanyakan mengenai perbedaan pemahaman pada sebuah kata dan kalimat, situasi dan aksi. Semua harus sudah mengikuti standar sistem.

Ringkasan Masalah:
Namun sayangnya dalam sistem Grosir Flashdisk Unik ini terdapat beberapa yang tidak terstandarisasi di setiap halaman yang berbeda. Yang pertama akan kia bahas pada bagian Breadcumb, juga pernah kita bahas dalam beberapa prinsip Heuristic Evaluation Nielsen sebelumnya. Yang tidak konsisten ditampilkan di beberapa halaman saja.
Selanjutnya dari sisi validasi, pengguna dibuat "mudah" dalam kesusahan seperti apa yang pernah kita bahas pada prinsip Error Prevention. Saat melakukan input dan terjadi satu kesalahan pengguna dipaksa mengulangi memasukkan seluruh data.



Rekomendasi Perbaikan:
Gunakan validasi yang merepresentasikan error apa yang dilakukan pengguna. Dan jangan biarkan pengguna mengulangi apa yang sudah pernah dia lakukan jika memang itu sesuatu yang sama. Ini akan meningkatkan usability User Interface sebuah sistem.
Serta gunakan kekonsistenan dalam hal tampilan, validasi dan aksi apa yang seharusnya membuat pengguna lebih sedikit mengingat.

Severity Rating:
Untuk permasalahan ini saya memberikan Severity Rating 3 karena prioritasnya yang tinggi harus segera diperbaiki agar mengurangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan pengguna.

0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

0 komentar:

Posting Komentar