banner

21.30
1
Mengingat kembali tujuan dari Heuristic Evaluation, bahwasannya menciptakan sebuah sistem yang usability adalah tuntutan yang wajib terpenuhi. Dari 7 Heuristic Evaluation model Nielsen yang sudah kita bahas untuk Grosir Flashdisk Unik tentu bertujuan untuk menjadikan sistem yang lebih baik.

Yang selanjutnya kita akan mengenapi pembahasan kita tentang Heuristic Evaluation model Nielsen dengan prinsip yang ke 8 yakni Aesthetic and minimalist design. Bahwasannya menghasilkan informasi yang relevan dapat meningkatkan usability sebuah sistem.

Ringkasan Masalah:
Dari sisi konten pernah kita bahas di prinsip Nielsen 2, Match Between System and The Real World yang dapat anda baca disini. Sistem Grosir Flashdisk Unik ini sedikit memiliki konten kata "word" di bagian detail produk yang dijual. Namun mengingat kembali ada sedikit konten yang disampaikan kurang relevan sehingga mengurangi usability bagi pengguna. Lihat pada gambar di bawah ini.

Perlu digaris bawahi beberapa konten yang kurang relevan ditampilkan bagi pengguna. Pada konten yang menampilkan berat, mengingat barang yang dijual berupa barang yag tidak memperhitungkan berat maka informasi ini kurang relevan untuk ditampilkan kepada pengguna. Selanjutnya ialah kode produk, saya rasa kode ini tidak perlu ditampilkan kepada pengguna, karena kurang relevan bagi pengguna dan belum begitu jelas kegunaannya bagi pengguna saat melakukan belanja. Lalu stok tersedia, jika disangkutkan dengan beberapa prinsip Heuristic Evaluation Nielsen yang pernah saya bahas, penampilan informasi stok ini kurang informatif karena pengguna tidak disajikan secara jelas jumlah barang yang tersedia. Sebagai bahan pertimbangan mungkin dapat membaca Heuristic Evaluation Nielsen pada prinsip User Control Freedom atau Match Between System and The Real World.

Selanjutnya dari sisi tampilan akan sangat terkait dengan prinsip pertama Nielsen yang pernah kita bahas tentang Visibility of system status yang dapat dibaca di sini. Lihat pada gambar di bawah ini.


Header yang ditampilkan kurang memberikan informasi yang relevan tentang sistem. Dan juga logo yang dipilih kurang menarik dan kurang match dengan warna merah dan putih yang dipilih sebagai dasar.

Rekomendasi Perbaikan:
Menampilkan informasi yang lebih menarik minat pengguna untuk menggunakan sistem Grosir Flashdisk Unik ini akan menjadi lebih baik. Sebagai contoh menyajikan deskripsi singkat yang lebih menarik dan informatif bagi pengguna tentang produk yang ingin mereka beli.
Untuk tampilan header akan lebih baik jika menambahkan navigasi menu dan dokumentasi tentang sistem Grosir Flashdisk Unik ini.

Severity Rating:
Untuk permasalahan ini saya memberikan Severity Rating 1.

0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

1 komentar:

  1. Pada bagian header, warna logo lebih baik diganti dengan warna merah dan putih agar warna menjadi selaras.

    BalasHapus