banner

02.35
0
Tak pernah habis membahas keunikan, kekhasan dan keindahan Indonesia. Tak perlu melebarkan sayap ke seluruh pelosok negeri tercinta ini. Dari segi yang sempit pun kita akan menemuai banyak ciri khas Indonesia yang begitu menawan. Berbicara tentang ini, kali ini kita akan melancong ke kota hujan "Bogor". Dari sini kita akan menemui berbagai macam khas Bogor salah satunya makanan. Bogor memiliki berbagai makanan khas yang wajib kita coba. Mau tahu 7 makanan khas Bogor.



1. Roti Venus/Roti Unyil 
Anda mungkin sudah mendengar nama makanan yang satu ini. Makanan yang wajib dicoba saat melancong ke kota hujan. Roti Venus/Roti Unyil, terdiri dari berbagai varian seperti roti jagung, roti abon, roti sosis, roti keju dan sebagainya. Selain beraneka ragam rasa ukurannya yang kecil membuatnya lain dari roti yang lain. Mungkin karena inilah roti ini disebut roti unyil. Namun jangan salah sangka, jika anda mencoba dijamin ukurannya yang kecil tidak akan mampu menandingi rasanya yang akan membuat anda ketagihan.

2. Asinan Gedung Dalam
Atau orang lebih mengenalnya dengan asinan Bogor. Makanan dengan cita rasa asam pedas ini banyak dicari para pelancong luar Bogor. Baik dimakan di tempat atau sebagai oleh-oleh khas Bogor.

3. Gepuk Karuhun dan Ikan Balita
Makanan yang satu ini kini sedang menjadi primadona oleh-oleh khas Bogor bagi pelancong. Kuliner khas Bogor yang diolah berdasarkan resep warisan turun-temurun dan hingga kini belum diubah komposisinya. Karena itulah kuliner khas Bogor ini dinamakan "Karuhan" yang berarti leluhur.

4. Toge Goreng
Geco atau toge dan tauco adalah nama asli dari toge goreng. Istilah toge goreng ini mulai muncul setelah orang Jakarta yang menggemari makanan ini. Dengan bahan dasar mie, tahu, tauco dan tentunya toge yang disajikan diatas daun patat rasanya sangat sedap apalagi dimakan saat hangat dengan kondisi Bogor yang dingin dan sering hujan.

5. Makaroni Panggang
Makaroni panggang mulai menjadi menu andalan para wisatawan ibu kota yang sengaja datang. Makanan ini terdiri dari 2 varian yang pertama makaroni panggang biasa dan yang kedua makaroni panggang spesial. Dengan 3 ukurang yang terseida, small, medium dan large.

6. Apple Pie
Tak ketinggalan dari makaroni panggang, makanan khas Bogor yang satu ini juga tak kalah bikin ngiler. Pie selai apel dengan bumbu cengkeh dan kayu manis ini juga merupakan primadona khas Bogor.Selain apel, terdapat juga pie dengan variasi yang lain seperti strawberry, nanas, daging, dan raisin.

7. Es Pala
Ada makanan maka wajib ada minuman. Kenyang mencicipi berbagai makanan khas Bogor yang begitu lezat maka tak lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan minuman khas Bogor yang satu ini, es pala. Minuman ini konon sudah ada sejak zaman kompeni (VOC). Minuman ini berbahan dasar pala, gula, garam, air dan es batu. Menurut ahli teknologi pangan, buah pala mempunyai khasiat yang luar biasa, bisa membantu menyembuhkan orang yang susah tidur, memperlancar pencernaan, mengatasi rasa mual dan muntah, mencegah masuk angin, bisa juga untuk menyembuhkan rasa nyeri saat datang bulan. Sungguh menyehatkan.

Begitu banyaknya kekayaan khas Indonesia. Mau berbagi hal lain yang unik dan menarik ? Kami tunggu anda di INA SHARE.

0 komentar:

Posting Komentar