banner

13.30
0
Prinsip yang ketiga ini seperti namanya User Control Freedom dimana pengguna dapat menentukan pilihan sendiri karena terkadang pengguna memilih pilihan yang salah dan memerlukan opsi ‘emergency exit'. Di sini sistem harus memberikan kemudahan kepada pengguna tanpa perlu melewati message prompt dialog box lagi. Artinya pengguna dapat keluar dari keadaan akibat pilihan yang salah tersebut tanpa perlu melewati bagian tambahan lain. Sebelum membahas lebih jauh tentang User Control Freedom di Grosir Flashdisk Unik ini ada baiknya anda membaca prinsip sebelumnya match between system and the real world, di sini.

Ringkasan Masalah:
Pada saat kita melakukan pembelian sebuah barang, kita disuguhkan dengan tampilan terlihat seperti gambar di bawah ini :
Terlihat bagus, namun sayang saat melakukan klik pada "Beli Sekarang" kita tidak diberikan kebebasan untuk memilih jumlah barang yang ingin kita beli. Selain juga tidak ada jumlah stok yang tersedia. Malahan kita akan langsung akan disuguhkan kepada jendela Modal seperti gambar di bawah ini :


Jika pengguna tidak tahu, ini seakan-akan memaksa pengguna untuk hanya melakukan pembelian 1 barang. Pdahal jika kita klik lanjut belanja dan klik produk yang sama seperti gambar 1 ini sama saja kita melakukan pembelian 2 barang. Namun, ini kita dihadapkan pada sesuatu yang berulang dan menurut saya tidak efisien. Meskipun setelah masuk di keranjang belanja kita dapat mengubah jumlah belanjaan kita.

Rekomendasi Perbaikan:
Akan lebih menghemat waktu bagi pengguna jika di form seperti gambar 1 disediakan jumlah barang yang ingin dibeli sesuai dengan jumlah stok yang tersedia. Selebihnya sudah cukup kita disediakan pilihan "Lanjut Belanja" atau "Lanjut Ke Pembayaran".

Severity Rating:
Untuk permasalahan ini saya memberikan Severity Rating 2. Yang artinya ini perlu juga diperbaiki meskipun prioritasnya rendah. Saya rasa akan lebih memudahkan bagi pengguna.

0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

0 komentar:

Posting Komentar