banner

07.25
0
Heuristic evaluation adalah sebuah metode yang digunakan untuk melakukan evaluasi dalam sisi usability user interface (UI) atau antar muka perangkat lunak, sehingga dapat membantu mengidentifikasi masalah-masalah yang terdapat pada usability UI sebuah perangkat lunak.

Terdapat beberapa model prinsip Heuristic evaluation yang digunakan para ahli. Salah satunya ialah model Nielsen (1995) yang mencakup 10 prinsip utama dalam usability sehingga sebuah User Interface perangkat lunak dikatakan memenuhi kaidah. 10 prinsip yang digunakan pada model Nielsen ialah sebagai berikut :


  1. Visibility of system status,
  2. Match between system and the real world,
  3. User control and freedom,
  4. Consistency and standards,
  5. Error prevention,
  6. Recognition rather than recall,
  7. Flexibility and efficiency of use,
  8. Aesthetic and minimalist design,
  9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors,
  10. Help and documentation.
Visibility of system status
Pembahasan pertama yang akan dilakukan terhadap sebuah website e-commerce yang bergerak dalam bidang penjualan barang-barang unik, yaitu Grosir Flashdisk Unik yang pertama adalah prinsip Visibility Of System Status. menekankan kepada pengguna pentingnya kesadaran tentang informasi yang sedang dihadapi pada sistem tersebut, hal ini dapat berupa umpan balik dari sistem pada saat yang tepat.

Ringkasan Masalah :
Hal yang sangat penting dan merepresentasikan keadaan informasi dalam sistem website Grosir Flashdisk Unik ini seharusnya adalah header/title dan navigasi yang akan memudahkan pengguna mengetahui informasi tentang website ini. Namun ternyata kita tidak akan menemukan navigasi yang memberikan informasi yang cukup tentang website tersebut. Kita hanya disuguhkan logo website dan saya rasa ini kurang memberikan respek kepada pengguna karena pengguna tidak dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah tentang website Grosir Flashdisk Unik ini.
Dan di bagian header kita disuguhkan kontak BBM, Phone, E-mail dan YM. Ini seakan-akan memaksa pengguna untuk menghubungi pihak Grosir Flashdisk Unik secara langsung untuk mengetahui tentang sistem tersebut.



Bagian title meta juga tidak merepresentasikan informasi yang terkandung secara efisien. Admin berusaha menghamburkan keyword tanpa mempertimbangkan kenyamanan pengguna dalam membaca sebuah informasi. Dan ini menurut saya terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan kaidah untuk penyampaian informasi.


Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah branding logo atau icon. Penggunaan logo atau icon yang menggambarkan branding juga mampu menyajikan informasi yang lebih mudah diterima pengguna. Karena pengguna tidak akan banyak mengingat jika sudah terbiasa dengan logo branding.
Namun jika dilihat dari konten. Situs ini sudah cukup merepresentasikan kandungan informasi yang dimuat, namun mungkin butuh sedikit perbaikan dalam pemilahan informasi yang disajikan sesuai dengan mindset apa yang seharusnya dibutuhkan oleh pengguna.

Rekomendasi Perbaikan:
Seperti yang telah disebutkan diatas. Sangat disarankan jika menggunakan navigasi guna mempermudah pengguna untuk menemukan informasi apa yang mereka butuhkan. Juga mungkin dapat ditambahkan navigasi Breadcumb. Karena ini juga dapat mempermudah pengguna menentukan posisi dimana mereka berada. Selain itu mungkin juga dapat dipertimbangkan untuk penggunaan logo guna mengurangi beban pengguna dalam mengingat. Karena melihat barang yang dijual juga banyak dijual di tempat lain sehingga dengan branding pengguna akan lebih mudah mengingat sistem Grosir Flashdisk Unik ini.

Severity Rating:
Untuk permasalahan ini saya memberikan Severity Rating 3. Artinya sangat disarankan untuk segera diperbaiki.

0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

0 komentar:

Posting Komentar