banner

00.00
0
Guna mendapatkan sebuah sistem dengan Usability User Interface yang baik prinsip Heuristic Evaluation model Nielsen yang terakhir ini akan melengkapi pembahasan kita kali ini.

Ringkasan Masalah:
Pengguna membutuhkan informasi yang relevan sehingga mampu menggunakan sistem dengan lebih mudah. Namun sayangnya pada sistem Grosir Flashdisk Unik yang kita bahas ini pengguna seakan dipaksa untuk bertanya langsung kepada admin tentang bagaimana ?. Yang direpresentasikan seperti pada gambar di bawah ini.


Seperti yang saya bilang sebelumnya, pengguna sistem Grosir Flashdisk Unik seakan digiring dan dipaksa secara nyata untuk langsung menghubungi kontak yang tertera pada header. Karena tidak ada navigasi yang memadai seperti "Tentang Kami", "Hubungi Kami" atau "How To Order" dan informasi relevan lainnya yang dapat mempermudah pengguna mengetahui cara menggunakan sistem Grosir Flashdisk Unik ini.

Rekomendasi Perbaikan:
Menempatkan navigasi informasi tentang sistem, bantuan dan dokumentasi sangat dianjutkan untuk membuat sistem ini lebih usability bagi pengguna. Selain memang, menampilkan kontak juga sangat dibutuhkan untuk melakukan komunikasi langsung kepada admin.
Namun hal yang paling krusial adalah menampilkan navigasi "How To Use" yang merujuk ke sebuah halaman dan mungkin dapat ditambahkan demo dengan menampilkan video. Tentu ini akan sangat sangat sangat membantu bagi pengguna yang benar-benar butuh contekan.

Severity Rating:
Untuk permasalahan ini saya memberikan Severity Rating 3 karena tujuan utama dari Heuristic Evaluation itu sendiri adalah membuat sebuah sistem yang usability atau mudah digunakan. Dan menurut saya lebih mudah itu jika ada contohnya.
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released

0 komentar:

Posting Komentar